Penculikan lewat Facebook makin marak saat ini

Akhir-akhir ini marak sekali adanya penculikan lewat facebook, pemberitaan yang akhir-akhir ini menyita perhatian adalah, kasus dari Merieta Nova Triani, gadis muda yang sejak 6 Februari lalu dikabarkan hilang dan diduga "diculik" kenalannya via facebook, telah ditemukan petugas Polda Metro Jaya di kawasan Jatiuwung Tangerang, Selasa (9/2) dinihari.

Nova ditemukan tengah bersama seorang pemuda bernama Ari yang diduga membujuknya untuk kabur. Nova mengenal Ari dari situs jejaring sosial Facebook, hingga pelaku berhasil mengajak bertemu dengan korban di kawasan Bumi Serpong Damai saat Nova dan keluarganya berkunjung ke rumah salah seorang kerabat di kawasan itu. Usai bertemu, Nova kemudian "menghilang



Dan baru baru ini ada lagi pemeritaan mengenai penculikan lewat facebook menimpa salah satu mahasiswa kedokteran di semarang, Sejak dua minggu lalu Sylfia Russa Rina, 23 tahun, mahasiswi kedokteran di Universitas Dipenogoro Semarang, menghilang tanpa kabar. Pihak keluarga menduga hilangnya Sylfia setelah ia berkenalan dengan seorang pria di jejaring Facebook.

Kakak Sylfia, Maria Estela, 25 tahun, mengatakan pihak keluarga merasa curiga karena sejak dua minggu terakhir Sylfia sulit dihubungi. "Pernah SMS ke mama, hanya menanyakan kabar mama saja, padahal biasanya banyak yang disampaikan ke mama," ujar Maria, saat ditemui di kediamannya di Perumahan Bogor Asri Blok D Nomor 13 Kelurahan Nangewer, Kecamatan Cibinong, Rabu (10/2) petang.

Untuk memastikan kondisi adiknya, Maria sempat menyusul ke tempat kos Sylfia di Semarang. Dalam uapaya pencariannya itu didapat informasi dari teman-teman kuliahnya kalau Sylfia sudah dua minggu tidak pulang ke kosnya.

Teman-temannya juga merasa heran belakangan Sylfia tidak seperti biasanya. "Orangnya biasanya rame, banyak bicara, tapi belakangan kata teman-temannya terlihat pendiam," ujar Maria.

Informasi lainnya, Sylfia sempat terlihat dengan seorang pria yang tidak dikenal. Merasa khawatir dengan kejadian penculikan lewat Facebook, Maria pun mencoba melacak adiknya di beberapa jejaring seperti Twitter dan Facebook. "Saya ingat Sylfia pernah nge-add saya di FB (Facebook), maka saya coba lacak di FB," tutur Maria.

Melalui Facebook, Maria mencoba melihat teman-teman Sylfia. "Saya print beberapa teman yang terakhir diadd oleh Sylfia, kemudian saya tunjukkan ke teman-temannya. Salah satu teman Sylfia menunjuk foto laki-laki teman FB Sylfia. Silfia terakhir pernah terlihat demgan laki-laki tersebut," kata Maria, sambil menunjukkan foto laki-laki tersebut.

Maria juga menceritakan dari Facebook diketahui pria tersebut sering mengungkapkan kata-kata rayuan kepada Sylfia.

Setelah banyak orang yang mengetahui cara membuat facebook dan memanfaatkan ya untk kegiatan yang negative seperti prostitusi lewat facebook yang baru-baru ini terbongkar di Surabaya, kita sebagai orang tua harap memberikan perhatian kepada anak-anak kita yang doyan akan facebook dan memberikan perhatian atas gerak-geriak dia yang tidak seperti biasanta, semoga kasus penculikan lewat FB ini tidak berlanjut,

0 Comment:

Posting Komentar